Jumat, 29 Januari 2016

Liburan Ria di Aichi-Jepang Dengan Menonton Handa Dashi Matsuri



Handa Dashi Matsuri

Dashi, atau parade festival mengapung terbesar Jepang, Dashi Festival Handa dilaksanakan setiap 5 tahun sekali di Handa City yang merupakan pintu gerbang menuju ke Semenanjung Chita, kota ini terletak di sebelah selatan dari Nagoya City. Handa City adalah sebuah kota kecil dengan populasi sekitar 120.000. Festival Daishi ini adalah festival dimana gerbang-gerbang kuil mini setinggi delapan meter, dengan hiasan ukiran, dan dihiasi sedemikian rupa mengapung untuk memperingati kembali Periode Edo (1603-1868)


 Mengapung berat ditarik oleh tim dari 30 sampai 40 orang dengan mengenakan mantel Happi warna-warni dan pakaian tradisional melalui jalan kota, dispinggir jalan berjajar ribuan penonton, semua bersorak kompak dan benar-benar menikmati tontonan dan suasana festival ini. Pada malam hari, kayu apung ini mengapung dan menyala oleh ratusan lentera tradisional dan diarak lagi keliling kota.

Di luar festival Handa Dashi, Kota Handa juga terkenal akan pembuatan sake dan cuka sejak zaman Edo, selain itu banyak gudang kura tradisional dengan ciri khas dinding kayu hitam bergaris seluas kurang lebih 500 m.kota ini karena wangi cuka dan bir nya telah dinamai sebagai salah satu dari "100 kota paling wangi" oleh Kementerian Lingkungan Jepang. Bahkan, Mizkan Vinegar pembuat bir World Headquarters tetap setia membuat birnya di salah satu rumah tradisional di Kota Handa.

Ketika Anda mengunjungi Handa, cobalah memesan Kabuto Beer. Kabuto Beer adalah Samurai Helm (julukan), dan merupakan bir yang memenangkan medali emas di Paris Expo 1900. Pabrik tuaKabuto Beer dibangun sekitar 1887 dan telah menghasilkan minuman nasional populer sampai 1921. Pada 2005, penduduk setempat sepakat untuk menghidupkan kembali bir dan membuat pabrik secara swadaya, tapi masih menggunakan label gaya lama.
Daya tarik lainnya adalah Niimi Nankichi Memorial Museum. Niimi Nankichi adalah Penulis Jepang, yang dikenal sebagai "Hans Christian Andersen dari Jepang" lahir di Handa, dan meninggal di sana 30 tahun kemudian.

Jika Anda ingin melihat berikutnya Handa Dashi Matsuri, idatanglah ke Jepang tepatnya kota Handa, tempat di awal Oktober.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar