Rabu, 27 Januari 2016

Wisata Dental di Museum Gigi Nagoya, Prefektur Aichi



Aichi Dental Museum

Aichi Dental Museum terletak di pusat kota Nagoya, sebelah utara dari Central Park di Hisaya Odori, salah satu jalan tersibuk dan paling ramai di kota Nagoya dan merupakan salah satu tujuan wisata di Jepang. Hanya membutuhkan waktu sepuluh menit dengan berjalan kaki ke arah utara dari kastil Nagoya. Meskipun hanya terletak di lantai dasar sebuah gedung perkantoran dan notabene museum gigi ini berukuran kecil untuk diktakan sebagai museum, namun pameran yang ditampilkan di museum ini cukup untuk minat Anda untuk menghabiskan waktu liburan disini. Meskipun sebagian besar benda disini dijelaskan dalam katalog berbahasa Jepang, tetapi banyak sekali pengunjung yang datang meskipun mereka sama sekali tidak memahami apa yang ditulisa dan dijeaskan dalam katalog benda yang ada di museum ini, mungkin melihat dokumen lama dan interpretasi Jepang dari masa lalu tentang fakta dan cara merawat kesehatan gigi sangat menarik bagi pengunjung hingga mereka betah berlama-lama disini.


Pertama kali masuk ke gedung ini, pengunjung akn menemukan apa yang biasa ditemukan di museum gigi atau bahkan di klinik gigi modern : fakta biologis tentang gigi kita. Gambar ilustrasi dan beberapa dokumen tambahyan menjelaskan struktur fisik gigi, perbedaan fungsi mereka, dan bagaimana mereka berinteraksi dengan organ-organ lain di dalam tubuh untuk memfasilitasi kegiatan metabolisme sehari-hari. 

properti aichi dental museum : model gigi

Ada beberapa pameran interaktif yang memberikan pengunjung pengalaman praktek memeriksa gigi yang ada di museum dengan tangannya sendiri untuk membantu menambah pemahaman mereka tentang gigi. Selain itu, beberapa tengkorak hewan juga ditempatkan di sepanjang sisi museum ini untuk menunjukkan persamaan antara struktur gigi mamalia dan manusia.

Saat Anda bergerak lebih dalam, pameran ini akan menjadi semakin menarik, dengan lebih terfokus pada sejarah observasi dan fenomena budaya terkait perawatan gigi. Kita dapat menemukan catatan-catatan lama dari dokter gigi dan beragam peralatan mereka yang dipajang di ruangan lain gedung museum ini. Tentunya anda tidak akan bisa melewatkan kursi dan sikat gigi tradisional dengan wastafel ludah dan meja kerja kecil di tengah ruangan, yang merupakan prototipe model dari kursi gigi di klinik gigi modern masa ini

Sikat gigi dan pasta jaman dulu

Di dinding koridor, ada kronologi fakta terkait tentang gigi dan perawatan gigi. Sangat menarik saat anda mengetahui bahwasanya ada orang yang bahkan sengaja mengajukan gigi mereka sebagai dekorasi bhagi museum ini. Pindah ke ruangan yang ada di sebelah bawah gedung depan, terdapat model sikat gigi kayu tua dan seluruh rangkaian alat untuk membersihkan gigi. Di ruangan ini, pandangan anda akan tertuju pada dua gigi besar, di mana di gigi tersebut dibuat ukiran yang sangat rumit. Menurut penjaga museum, benda ini mencerminkan analogi bagaimana orang di masa lalu memiliki pengetahuan kesehatan yang sangat baik untuk menangani sakit gigi bahkan sebelum penjelasan ilmiah dan teknologi yang maju sampai pada mereka. Museum yang diselenggarakan oleh Asosiasi Gigi Aichi ini buka pada hari Minggu dan hari libur , untuk masuk ke Museum ini tidak dipungut biaya apapun alias gratis. Meskipun Museum ini bukan tempat wisata yang paling populer di Nagoya, museum ini tetap layak untuk dikunjungi untuk menambah pengtahuan anda tentang kesehatan gigi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar