Kamis, 28 Januari 2016

Jika Anda Liburan ke Jepang, Manjakan Imajinasi Anda di Cosplay Festival



Lady Cosplayer

Jika Anda sudah pernah ke acara budaya atau anime convention Jepang, Anda pasti melihat penggemar dari sebuah tokoh manga atau tokoh fiksi lainnya menghadiri acara tersebut dengan mengenakan kostum yang sama dengan tokoh favorit mereka. Kata cosplay adalah penggabungan dari kata-kata bahasa Inggris 'costume' dan 'play'. Dewasa ini cosplay telah berkembang menjadi hobi yang dinikmati oleh penggemar mangadi seluruh dunia. Bila diadakan cosplay summit, sebanyak 24 negara dan wilayah di seluruh dunia mengambil bagian sebagai peserta dan 4 sebagai pengamat. Tim perwakilan yang dipilih di acara-acara mitra di sejumlah negara dan negara-negara besar seperti Brazil, Cina, Meksiko dan Amerika Serikat terus mengikuti seleksi putaran demi putaran di daerahnya masing-masing untuk mencapai ke final tingkat dunia. 


Cosplay Festival

 
Cosplay Festival
Bayangkan saja, 1.000.000 penggemar budaya Jepang menghadiri acara cosplay summit sepanjang tahun. Perwakilan cosplay nasional dari tiap negara datang ke Jepang untuk mengambil bagian dalam lebih dari 20 ronde seleksi secara terpisah demi mencapai  final.
Sebelumnya pada saat Cosplay Summit diadakan di Nagoya, Aichi, Pawai di distrik perbelanjaan Osu Kannon menarik sekitar 1000 cosplayer dari seluruh Jepang dan luar negeri yang disoraki oleh kerumunan ribuan lebih penonton. Para peserta merayap melalui jalanan Nagoya. Kejuaraan itu sendiri diadakan di pusat Nagoya di ruangan Oasis 21. Di tempat ini para Cosplayers berkumpul di tempat awal untuk mengambil foto dan menikmati kemeriahan acara sebelum kejuaraan dimulai di malam hari. Pada puncak acaranya Italia dinobatkan pemenang untuk ke tiga kalinya dalam sejarah dengan meng-cosplay seri klasik Mazinger Z.

Cosplay Finalist
World Cosplay Summit merupakan acara unik yang didedikasikan untuk kenikmatan karakter kostum dari video game, manga dan anime Jepang. Cocok bagi mereka penggemar cosplay atau mereka yang mencari sebuah festival musim panas yang “nyeleneh”. Akhir pekan kejuaraan jatuh pada minggu pertama Agustus setiap tahun namun acara berlangsung selama lebih dari seminggu di berbagai lokasi yang mengarah ke grand final. Ada banyak kesempatan untuk para penggemar untuk mendaftar secara gratis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar