Rabu, 27 Januari 2016

Melepas Jenuh Sambil Wisata di Museum Tekstil Arimatsu, Prefektur Aichi


Museum Tekstil Arimatsu

Bila anda berwisata ke Jepang, ada baiknya anda menyisihkan waktu untuk mengunjungi museum tekstil di Arimatsu di mana anda akan dimanjakan dengan melihat pola dan corak cetak tekstil menakjubkan yang dibuat di Jepang, atau bahkan anda bisa mencoba membuat corak sendiri karena disini disediakan fasilitas untuk itu.

Di Arimatsu, baik Pria maupun wanita memiliki peranan yang sangat penting dalam proses pembuatan kerajinan tekstil Arimatsu yang sangat terkenal. Kelebihan bagi kaum hawa adalah kecepatan tangan mereka yang dapat menyelesaikan tugas dengan cepat. Bahkan di Jepang ada pepatah aneh, mereka mengatakan bahwa seorang gadis "harus bisa membedakan pola dengan matanya ditutup sebelum ia berusia dua belas tahun." Saya sendiri tidak tahu makna dari pepatah ini.

Corak Tekstil
Sementara itu, kaum Pria membuat pola pada kain khusus untuk desain yang rinci. Mereka dengan hati-hati merancang pola dan memotong atau memahat pola di kertas untuk kemudian dicetak ke kain menggunakan kuas dan tinta yang dibuat dari bunga. Desain tersebut kemudian dijahit atau diikat oleh wanita sebelum dibawa ke pabrik tie-dye yang bergerak di bidang spesialis celup. Setelah selesai, corak dari koas bunga dihapus (ini dapat berlangsung hingga selama empat hari pada selembar kain besar dengan desain yang rumit!) Untuk mendapatkan hasil akhir yang maksimal.
Arimatsu merupakan daerah yang telah ditelan oleh pertumbuhan Nagoya, tapi mereka tetap mempertahankan budaya leluhurnya sebagai pencetak kain berkualitas di Jepang. Anda ingat kaos yang populer di akhir 90-an? Masih ingatkah bahwa kaos-kaos itu jika mengerut waarnanya tak karuan tapi akan terlihat berpola pelangi pada saat diregangkan atau pada saat anda memakainya? Itu adalah gaya shibori, teknik dye tie yang digunakan oleh pengrajin dari Arimatsu.

Properti Museum Tekstil Arimatsu, Nagoya
Jika Anda mencoba mencari pengalaman dengan melakukan proses pembuatan kain sendiri di museum ini, Anda dapat memilih dari berbagai jenis saputangan untuk membuat t-shirt. Workshopnya ada di lantai dua disebuah ruangan besar yang dapat menampung beberapa kelompok, mungkin sekitar 40-60 orang. Disini ada Instruktur berpengalaman, meskipun mereka mungkin tidak berbicara bahasa Inggris, cukup mudah untuk mengikuti gerakan mereka pada saat mempraktekkan proses pembuatannya. Setelah selesai, pilih warna dye dan selesai!
Ketika anda selesai, pergilah kepala ke toko di lantai bawah bawa pulang kain buatn anda. Sebagai info tambahan, Mereka memiliki semua jenis item shibori di museum ini seperti ; tas, pakaian, dompet, barang-barang rumah tangga, dan banyak lagi. Jika anta berkeliling, Anda mungkin akan bertemu maskot Shibori-chan. Shibori-chan adalah gulungan kain cerah dicelup, memang sedikit menakutkan, tapi tidak jahat ko, jadi tersenyumlah dan selfie dengan dia!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar