Jumat, 29 Januari 2016

Salah Satu Kegilaan Saat Liburan ke Jepang adalah Festival Telanjang Ini

Ilustrasi

Ratusan orang telanjang berjalan liar di jalan-jalan perkampungan yang tenang, Konomiya, Inazawa, yang terletak sebelah barat Kota Nagoya. Ratusan ribu penonton, tua dan muda, pria dan wanita, berpakaian lengkap untuk menahan dingin, Memaksakan diri untuk berdiri di pinggir jalan hanya untuk menyempurnakan bulan februari mreka dengan menonton Hadeka Matsuri (Festival Naked) yang diadakan di Owari Shosha, Konomiya Shrine.


Hadeka Matsuri
Hanya kaum laki-laki yang dapat berpartisipasi, tidak ada wanita telanjang, dan orang-orang yang berpartisipasi tidak selalu seksi atau sixpack, malah banyak yang sudah renta. Tapi bisa dikatakan festival ini sangat berhasil menarik perhatian orang banyak daerah sekitar kuil kuno Konomiya.

Festival telanjang sebenarnya diadakan di berbagai tempat di seluruh negeri, tapi Inazawa Konomiya Hadeka Matsuri ini adalah yang tertua lebih terkenal, festival ini diadakan setiap tahun sejak tahun 767, ketika Kaisar Shotoku memerintahkan para gubernur seluruh kabupaten untuk melakukan upacara demimenghilangkan roh jahat dan penyakit, festival hari ini dirayakan untuk mengusir nasib buruk dan mendatangkan nasib baik. Kelompok peserta sebagian besar berkisar di usia 24 atau 42, usia ini dijepang dianggap sebagai usia keberuntungan untuk pria,di fetival ini mereka hanya mengenakan cawat putih dan ikat kepala berwarna kapas. Ikat ini jika disimpan dengan baik dikatakan bisa membawa keberuntungan. Disepanjang jalan, orang-orang dengan ember berisi air es memercikan air kepada mereka sebagai bagian dari proses pemurnian secara simbolis. 

Seperti semua festival Jepang, ada banyak makanan dan minuman warung mengatur seluruh wilayah, dan banyak kesempatan untuk foto selfie. Jika Anda berkunjung ke Jepang selama bulan Februari, pastikan Anda berada di Nagoya untuk Festival Telanjang ini.

2 komentar: